Pages

REVIEW - PENDAHULUAN ( Jurnal 4 )

Senin, 07 Januari 2013


PENYUSUNAN INSTRUMEN DAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI DATA DASAR KOPERASI DAN UKM TERPILIH*)

Oleh
Daniel Asnur**)



ABSTRAK

Information System of Basic Data of Selected Cooperative and SMEs is a computerized and an integrated software/web-based application that can facilitate government to do calculation, projection, inspection, and a warning of current condition  of problems faced by Cooperatives and SMEs, in terms of production capability, survival capability, expansion capability, the role in the Economy, labor absorption, inflation, distribution, and fiscal. With this software, the government is also able to identify the level of effectiveness, efficiency, and accuracy after the issuance of policies for Cooperatives and SME. So in the future, the government as a policy maker can benefit the system as a a reference as a basis for the preparation of every policy on cooperatives and SMEs. There fore, the policy which will be more strategic and targeted.  This software can provide an early warning system to the government in making policies, so it can minimize the disadvantage effect/impact to cooperatives and SMEs, whether it is caused by government policy itself or by price fluctuations.


I.       PENDAHULUAN

Peranan sektor Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) di Indonesia diakui sangat penting di dalam perekonomian nasional, utamanya dalam aspek-aspek seperti peningkatan kesempatan kerja, pemerataan pendapatan,  pembangunan ekonomi pedesaan dan peningkatan ekspor non-migas. Selama krisis ekonomi, koperasi dan UKM telah berperan dalam penyerapan tenaga kerja, memberikan pelayanan ekonomi yang luas kepada masyarakat dan berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat

Permasalahan yang sering dihadapi oleh mayoritas kalangan koperasi maupun UKM adalah begitu dinamisnya situasi pasar dan kondisi ekonomi global.  Perubahan kondisi ekonomi ini akan mengakibatkan gejolak harga yang  berdampak  terhadap kegiatan koperasi dan UKM. Adanya kenaikan harga bahan  bakar minyak (BBM), berdampak pada kenaikan bahan baku serta kenaikan harga lainnya. Hal ini menyebabkan tingkat keuntungan pelaku usaha, terutama koperasi dan UKM, menjadi berkurang meski efisiensi biaya produksi telah dilakukan. Sementara  jika harga dinaikkan dengan kondisi daya beli masyarakat yang makin lemah membuat kehidupan masyarakat kian sulit.
Berkenaan dengan hal tersebut, perlu dibangun aplikasi sistem informasi Data Dasar Koperasi dan UKM yang berbasis teknologi internet (web). Salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi kondisi dan perkembangan koperasi dan UKM di daerah-daerah. Selanjutnya data tersebut diolah untuk dijadikan sebagai bahan masukan dalam rangka pengambilan keputusan dan penyusunan strategi pengembangan Koperasi dan UKM ke depannya. Informasi yang digali mencakup beberapa hal yang satu sama lain saling terkait dan saling mempengaruhi yang terikat dalam satu kesatuan yang utuh dan menyeluruh, sehingga membentuk suatu sistem informasi yang aktual dan terpadu.

0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

 
Zakaria Al-Faeyza © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting