Pages

REVIEW - KESIMPULAN ( Jurnal 4 )

Senin, 07 Januari 2013


PENYUSUNAN INSTRUMEN DAN PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI DATA DASAR KOPERASI DAN UKM TERPILIH*)

Oleh
Daniel Asnur**)



V.      KESIMPULAN

5.1.   Kesimpulan

Sebagai kesimpulan dari kegiatan Penyusunan Instrumen dan Pembangunan Sistem Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM Terpilih adalah sebagai berikut:
1.      Sistem  Informasi Data Dasar Koperasi dan UKM  ini merupakan software aplikasi sebagai sebuah kelas sistem informasi yang terkomputerisasi, terdiri dari prosedur dalam pemrosesan data yang dibangun sebagai instrumen atau alat yang dapat memberikan informasi dengan cepat terhadap setiap kebijakan pemerintah, baik  kebijakan sebelum dikeluarkan maupun  kebijakan setelah dikeluarkan. Aplikasi  sistem ini berbasis web  yang terkomputerisasi dan terintegrasi, sehingga memberikan  kemudahan bagi pemerintah untuk dengan cepat melakukan   pengambilan  data  dilapangan, karena responden dengan cepat  mengakses formulir-formulir kuesioner  yang ada di aplikasi, mengolahnya untuk melakukan perhitungan, proyeksi, pemeriksaan, dan peringatan mengenai kondisi terkini permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi dan UKM.
2.      Software aplikasi ini menggunakan software dan database open source,  sehingga mudah dan murah melakukan pemeliharaan dan pengembangan di masa mendatang.  Aplikasi ini juga bersifat multiflatform, artinya dapat dijalankan  menggunakan sistem operasi Microsoft Windows atau Linux (Open Source). Dengan demikian,  diharapkan nantinya pengguna tidak harus bergantung pada hanya satu sistem operasi. Aplikasi ini bersifat user  friendly,  memungkinkan  bagi pengguna yang awam  di daerah untuk menggunakannya dengan cepat dan baik. Selain itu, proses inputan data kuesioner telah dirancang, sehingga tingkat kesalahannya diharapkan dapat  diminimalisasi. Beberapa fitur dari aplikasi ini antara lain adalah:
1).   Aplikasi ini bersifat user friendly, menggunakan perangkat lunak dan database   open source dan dapat bersifat multiflatform.
2).   Output data aplikasi yang dihasilkan, selain dapat dicetak melalui printer, output data juga dapat dilihat dilayar.
3).   Beberapa utility progam aplikasi yang dirancang mampu untuk  mentransfer  data  dari  format  database ke format spreadsheet, mampu memilih field/variabel yang diinginkan untuk diproses/ dikeluarkan output-nya.
4).   Aplikasi ini mampu melakukan beberapa pengolahan data seperti regresi dan I/O.
5).   Aplikasi ini dilengkapi dengan proses backup dan restore data yang  dapat dilakukan per triwulan, per semester atau per tahun.



5.2.   Saran



      Untuk lebih memaksimalkan penggunaan dan pemanfaatan software aplikasi ini, penulis merekomendasikan kepada Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK, Kementerian Koperasi dan UKM untuk merancang kegiatan sosialisasi penggunaan software ini oleh koperasi dan UKM, terutama proses pengisian formulir-formulir datanya. Beberapa kesalahan dalam pengisian data akan mengakibatkan proses perhitungan dan analisis data yang dilakukan aplikasi menjadi tidak akurat.

Software aplikasi Sistem Informasi data dasar ini sebaiknya terus dikembangkan dengan terus melakukan pengkajian, sehingga nantinya aplikasi ini dapat merupakan salah satu instrumen yang digunakan dalam analisis dan perancangan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan koperasi dan UKM

0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

 
Zakaria Al-Faeyza © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting