Pages

REVIEW - KESIMPULAN ( Jurnal 2 )

Minggu, 06 Januari 2013


KAJI TINDAK PENINGKATAN PERAN KOPERASI DAN UKM SEBAGAI LEMBAGA KEUANGAN ALTERNATIF

Oleh
Jannes Situmorang

 
   V.     KESIMPULAN DAN SARAN

                   A.    Kesimpulan 
  1). Dilihat dari prosedur pembiayaadajangkauan pelayanannyaBMTmerupakan lembaga keuangan alternatif yang sangat efektif dalam melayani kebutuhan pembiayaan modal  kerja jangka pendek yang sangat diperlukan pengusaha  kecil  mikro. 

    2). Perkembangan asset BMT yang sangat cepat ditentukan adanya mobilisasi dana dari pihak ketiga serta cepatnya perputaran pengembalian pinjaman para nasabah yang selanjutnya dipinjamkan kepada nasabah lain.

      3). Lembaga keuangan ini dapat menghasilkan profit yang cukup besar dan sangat menguntungkan para pemiliknya.

  4). Pada umumnya BMyang diteliti menggunakan pola pembiayaan mudharabah dan Bai Bitsaman Aji (BBA)Pola pembiayaaBBA punya keunggulan karena punya tingkat perputaran yang sangat tinggi, berisiko rendah dan memberikan margin keuntungan yang relatif besar.

   5). Jasa pinjaman/pembiayaan yang diberikan kepada nasabah/anggota selalu dimusyarahkan dan  disepakati terlebih dahulu dan bersifat  fleksibel.

      6). Untuk mendorong orang menabung, BMT menggunakan pola nisbah bagi hasil, misalnya    65 :35 ( BMT : Penabung ) 

      7). Analisis penilaian terhadap kesehatan kelembagaan BMT yang meliputi aspek pendirinya, keaktifan pengurus maupun kualitas pengelola dapat dinyatakan bahwa BMT yang diteliti dinyatakan sangat sehat.

     8). Kesehatan keuangan BMT dinilai dari lima aspek yaitu struktur permodalan, kualitas aktiva produktif, likuiditas, efisiensi, dan rentabilitas. Dilihat dari kelima aspek tersebut maka BMT sampel yang diamati ada yang amat sehat, sehat, kurang sehat dan sangat tidak sehat.

                   B.        Saran

     1). Pembiakan BMperlu dipercepaagar jumlah BMT semakin banyak ditengah-tengah masyarakat.

   2). Perlu dilakukan kembali penilaian terhadap kebijakan penyediaan bantuan keuangan revolving fund dengan mengintrodusi  dana padanan dari pemilik/pendiri.

      3). Perlu dilakukan pengembangan sistem interlending antar BMT.

0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

 
Zakaria Al-Faeyza © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting