Pages

LEBAK BULUS DITUTUP, BAGAIMANA NASIB MEREKA? "pro dan kontra"

Jumat, 31 Januari 2014



Jokowi tak kuasa melihat para pedangan terus melakukan protes terhadap rencana Pemprov DKI menutup terminal AKAP Lebak Bulus. Mereka terus melakukan unjuk rasa.


Para pedagang demo sejak 1 Januari 2013. Dengan membawa spanduk, mereka protes atas rencana Jokowi membangun MRT.

"Kami mendukung program pemprov dalam pembuatan MRT, tapi kami diberikan tempat yang baru yang lebih layak," ujar seorang orator yang menyampaikan aspirasinya, di Terminal Lebak Bulus, Senin (6/1).

"Lebak Bulus siapa yang punya, yang punya kita semua," tambah sang orator sambil berteriak.


Beberapa spanduk dipasang di sekitar terminal Lebak Bulus. Spanduk milik Koperasi Wahana Bis Antar Kota (Kowan Bisata) itu menyerukan penolakan warga Lebak bulus dan anggota Kowan Bisata akan rencana penutupan terminal AKAP.

"Kowan Bisata mendukung pembangunan MRT tapi carikan kami lahan pengganti Terminal Lebak Bulus," bunyi salah satu spanduk berwarna putih dengan tulisan merah. Spanduk tersebut dipasang di depan loket penjualan tiket.

Salah seorang sopir bus Agramas, Dahlan, mengaku setuju dengan ide pembangunan MRT. Namun ia juga menuntut pemerintah memperhatikan semua unsur rakyat, termasuk para sopir yang akan dipindahkan ini.

"Katanya kita disuruh pindah ke Kampung Rambutan. Tapi di sana kan sudah ada orang operator yang sama juga, nanti numpuk dong, kita nganggur. Kita juga rakyat, nasib kita bagaimana," kata Dahlan yang menyopiri bus jurusan Sukabumi - Lebak Bulus ini.

Pendapat yang sama diungkapkan oleh pengurus operator bus Agramas di Lebak Bulus, Sisman. Menurutnya, MRT adalah proyek yang bagus tapi pemerintah tidak boleh mengabaikan nasib para sopir.



"MRT itu bagus. Tapi solusinya untuk mereka yang disini harus ada juga. Mereka menolak dipindah ke tiga terminal yang jauh itu," kata Sisman.

Mulai tanggal 6 Januari 2014, terminal Lebak Bulus akan ditutup dari rute luar kota karena akan dimulai pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT). Rencananya, rute bus yang tadinya mengarah ke Lebak Bulus akan dialihkan ke tiga terminal utama lainnya.

"Nanti Kalideres untuk tujuan Banten dan Sumatera. Kampung Rambutan untuk jarak dekat dan menengah, seperti Cirebon, Sukabumi, Jawa Tengah. Kalau Pulogadung untuk jarak jauh yaitu Jawa Timur, Bali, NTB," kata Kepala Terminal Lebak Bulus, Adjmain.

Referensi  :
http://www.merdeka.com/jakarta/4-alasan-penundaan-penutupan-terminal-lebak-bulus/protes-para-pedagang.html
http://news.detik.com/read/2014/01/02/175513/2457005/10/sopir-bus-dukung-mrt-tapi-tolak-penutupan-terminal-akap-lebak-bulus?nd771104bcj

0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

 
Zakaria Al-Faeyza © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting