Pages

Bidang Usaha yang Prospektif Saat Ini

Rabu, 23 Oktober 2013



Dalam pembahasan kali ini yaitu, “Bidang yang Prospektif Saat Ini”. Saya akan sedikit membahas tentang cara memaksimalkan sumberdaya yang kita miliki menjadi sebuah peluang keuntungan yang menjanjikan.
Pertama, saya akan membahas tentang peluang bisnis kos-kosan. Dan yang kedua, saya juga sedikit membahas tentang usaha bisnis makanan ringan dari kulit pisang dengan sedikit modal dan laba yang menjanjikan jika dipasarkan dengan serius.
Peluang Bisnis Kos-Kosan
Merubah Kamar Kosong Menjadi Peluang Usaha Kost Kosan
Kos-kosan menjadi usaha di perkotaan yang memberikan pemasukan bulanan tambahan dan juga dapat menjadi bisnis sampingan. Di kota besar yang didominasi oleh banyaknya pelajar dan industri maupun perkantoran yang dominan penduduknya adalah pendatang, maka kebutuhan akan tempat tinggal meningkat seiring pesatnya perkembangan di bidang industry maupun pendidikan.
Usaha ini hanya memerlukan kamar yang cukup untuk tidur, semisal bisa memakai kamar kosong atau ruangan yang tidak terpakai. Dari pada tidak terpakai lebih baik dimanfaatkan untuk kamar kos. Merenovasinya juga tidak susah, cukup hanya tempat tidur dan meja, tambahkan almari jika perlu. Untuk ruangan yang bukan kamar bisa di sekat dengan triplek dengan desain non permanen yang sewaktu-waktu bisa dibongkar.
Penghasilan bulanan lebih menguntungkan jika memiliki lebih dari 2 kamar, tidak ada kerugian dalam memilih usaha di bidang property ini. Keuntungan lain dalam jangka panjang adalah terus meningkatnya nilai harga jual tanah di perkotaan. Mengelola usaha kos-kosan juga sangat mudah, bisa menjadi kerjaan sampingan karena pengelolaannya juga tidak rumit, hanya mengontrol keberadaan anak kos saja dan mengecek pembayaran bulanan, pengecekan juga dapat dilakukan berkala dan tidak setiap waktu.
Fasilitas masing-masing kos-kosan beragam ada yang menyediakan kamar mandi dalam tempat tidur plus meja tulis dan almari, tapi semua itu harus menyesuaikan juga sesuai kebutuhan anak kos di daerah lingkungan sekitar. Semisal karyawan pabrik atau industry tertentu yang hanya membutuhkan fasilitas tempat tidur atau kamar yang sederhana. Kebutuhan kamar kos untuk pelajar juga berbeda semisal membutuhkan meja dan almari yang sederhana.
Untuk kamar kos mahasiswa tentunya juga beragam tidak seperti kebutuhan karyawan yang bisa dibuat dengan sederhana. Kebutuhan kamar kos untuk mahasiswa sangat beragam, dari yang sederhana sampai yang mewah. Karena seperti yang kita tahu mahasiswa pada umumnya berasal dari kalangan menengah ke atas.
Kapasitas 1 kamar biasanya beragam, ada yang 1 kamar diisi oleh 1 sampai 4 orang tergantung kesepakatan harga dan besarnya ruang kamar. Semisal kamar berukuran besar juga bisa membuat tempat tidur susun, tapi juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan anak kos sekitar.
Untuk memasarkan bisnis property ini pemilik kos hanya perlu memasang tulisan di lembar kertas yang bertuliskan “menerima kos putra” atau “menerima kos putri” yang ditempel di dinding rumah yang letaknya mudah dibaca orang, bisa juga dengan membuat selebaran penwaran kos-kosan di kampus-kampus atau tempat industry tertentu dan juga tempat yang banyak dikunjungi orang.
Untuk harga, sesuaikan dengan pasar atau harga kos-kosan di lingkungan sekitar, harga tinggal mengikuti saja, asal jangan di atas harga rata-rata. Untuk pengelolaan, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah membuat kesepakatan awal dengan anak kos seperti peraturan-peraturan lingkungan
  1. Menjaga kebersihan kamar dan depan kamar
  2. Matikan kran air jika tidak terpakai
  3. Pulang maksimal jam 21.00 WIB untuk kos putri
  4. Dan peraturan lain tertulis jika perlu
Mudah bukan.. menikmati penghasilan tambahan tanpa perlu kerja keras dan tanpa keluar rumah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba peluang bisnis ini.


Usaha Makanan yang Menjanjikan dengan Banyak Keuntungan

Usaha Makanan yang Menjanjikan dari Kriuknya Keripik Kulit Pisang

Seperti yang kita tahu pisang adalah buah yang banyak mengandung banyak vitamin serta kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Orang sudah banyak menikmati kelezatan dan kandungan gizi pada buah pisang. Tetapi belum banyak yang melirik kelezatan dari kulit pisang. Selama ini mungkin orang hanya menikmati buahnya saja, padahal kulitnya bisa menjadi bahan olahan yang tak kalah enak.

Kulit pisang pun bisa dijadikan makanan ringan seperti keripik kulit pisang. Meski kulit pisang merupakan hasil samping, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang juga mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein, serta karbohidrat. Hasil penelitian di Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi serta menjaga kesehatan retina mata.
Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina. Olahan kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang. Hal ini menjadi peluang usaha makanan yang menjanjikan. Kini para pengusaha keripik pisang tak perlu ragu untuk memanfaatkan kulit pisang menjadi olahan keripik kulit pisang.
Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan olahan keripik pisang. Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabor pada keripik kulit pisang. Keripik kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastik PP (Poliprophilen). Pilihlah plastik PP dengan ketebalan yang cukup agar produk tetap renyah. Kemaslah dengan menggunakan sealer (penyegel), jangan menggunakan lilin. Beri label pada kemasan plastik, namun sebaiknya label tak dimasukkan dalam kemasan sehingga kontak langsung dengan produk. Hal ini dilakukan untuk menjaga sanitasi serta higienitas produk.
Cara membuat keripik kulit pisang termasuk usaha makanan yang menjanjikan ini :
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah; kulit pisang, air kapur, garam, gula serta tepung.
Cara mengolah kulit pisang menjadi keripik:
# Kulit pisang dicuci hingga bersih
# Buat larutan kapur dengan mengambil setengah sendok teh kapur ke dalam 1 liter air
# Rendamlah kulit pisang dalam larutan air kapur selama 20 menit
# Buat larutan garam dengan mengambil sesendok teh garam dan dilarutkan dalam 1 liter air
# Rendam 20 menit kulit pisang dalam larutan garam
# Buat larutan gula dengan mengambil 3 sendok makan gula dan dilarutkan dalam 1 liter air
# Rendam kulit pisang dalam larutan gula selama 20 menit
# Jemur kulit pisang hingga kering (8 jam)
# Goreng kulit pisang kering hingga kuning kecoklatan
# Untuk penggorengan dengan tepung, lakukan kembali langkah nomor 4-7 dan masukkan kulit pisang dalam adonan tepung
# Jika keripik pisang mulai berwarna kuning, angkat dan tiriskan


Jika kita pasarkan dengan serius, maka ini bisa menjadi usaha makanan yang menjanjikan dengan banyak keuntungan.

Referensi  :

0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

 
Zakaria Al-Faeyza © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting