Pages

ERUPSI Gunung Sinabung Memakan 14 Korban

Sabtu, 01 Februari 2014

Korban tewas bencana erupsi Gunung Sinabung, Karo, Sumut, diperkirakan bertambah. Pejabat setempat mendapat laporan 10 korban tewas kembali ditemukan.

"Yang saya lihat langsung ada empat korban tewas dan tiga korban luka, tapi saya sudah dapat laporan 10 korban tewas lainnya sudah ditemukan, namun jenazahnya belum tiba di rumah sakit," kata Kepala Posko Penanggulangan Erupsi Gunung Sinabung yang juga Sekda Karo, Sabrina Tarigan, saat dihubungi wartawan, Sabtu (1/2).

Para korban ditemukan di Desa Suka Meriah, seperti lokasi penemuan empat korban tewas sebelumnya. Saat ini, petugas dan relawan tengah berupaya mengevakuasi para korban.

Sabrina belum bisa memastikan jumlah orang yang masuk ke Desa Suka Meriah saat erupsi terjadi. "Saya belum tahu," ujarnya.

Dia juga mengaku heran, orang-orang nekat masuk ke lokasi itu padahal lokasi itu termasuk wilayah larangan. "Karena itu kami imbau warga jangan ke sana, karena erupsi tidak bisa kita prediksi," imbaunya.

"Diperkirakan di lokasi masih ada korban. Namun evakuasi belum bisa dilakukan karena potensi susulan awan panas dan gelap. Besok pagi evakuasi akan dilanjutkan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (1/2/).

Sedikitnya sebelas korban tewas sudah dapat diidentifikasi. Mereka ditemukan tewas di Desa Sukameriah ketika erupsi Sinabung terjadi pada 10.30 WIB. Sementara tiga korban luka saat ini dirawat intensif di RS Evarina Etatham Kabanjahe.

Sutopo menganggap perlu adanya relokasi bagi warga yang tinggal berdekatan dengan Desa Sukameriah. "Semua korban ditemukan di Desa Sukameriah yang berjarak 3 km dari puncak kawah Gunung Sinabung. Warga yang berada dekat sana nantinya perlu direlokasi, " ujar Sutopo

Berikut nama-nama korban tewas tersebut berdasarkan keterangan tertulis yang dikirim Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

1. Alexander Sembiring, Warga Simpang Korpi Kabanjahe, pelajar SMA 1 Merdeka

2. Daud Surbakti (17) Desa Payung, Pelajar

3. Dipa Nusantara (17) pelajar SMA Brastagi

4. David (17) pelajar Kelas 2 SMK Simpang Korpri

5. Mahal Sembiring (25) guru honor SD Gurukinayan, asal Payung

6. Rizal Sahputra (23) Karya Bhakti Medan

7. Teken Sembiring (47) Desa Gurki

8. Santun Siregar (25) GMKI kuta cane, mahasiswa

9. Vitriani Br Napitupulu.

10. Asran Lubis (21) Desa Perdamaian Kuta Cane.

11. Marudut Barisan Sihite (25) Kut Tengah, Lau Sigala Gala Agara, mahasiswa.

Referensi  :
http://www.merdeka.com/peristiwa/korban-tewas-erupsi-gunung-sinabung-dilaporkan-jadi-14-orang.html
http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2014/02/01/6/212640/Proses-Evakuasi-Korban-Erupsi-Sinabung-Dilanjutkan-Besok-Pagi

0 komentar:

Posting Komentar

Visitors

 
Zakaria Al-Faeyza © 2011 | Designed by Bingo Cash, in collaboration with Modern Warfare 3, VPS Hosting and Compare Web Hosting